Kamis, 24 September 2009

Ledakan Sinar Gamma

Sinar Gamma adalah ledakan dengan kekuatan terdahsyat yang sudah diketahui di alam semesta saat ini, dan pengetahuan yang dipahami ilmuwan atas hal ini masih sangat terbatas.
Ilmuwan mendapati, bahwa sinar gamma (Gamma Ray Burst, GRB) yangberasal dari galaksi luar yang jauh, adalah energi yang dilepaskankembali setelah hancurnya 2 bintang tetap, energi pancarannya sangatkuat dan tak dapat diduga, kurang lebih seribu kali lipatnya matahari.

Sebelum perubahan besar ini terjadi, manusia sama sekali tidak dapatmengamati perubahan sesudahnya, sehingga dengan demikian juga tidaktahu bagaimana cara mengantisipasinya.
Jika terjadi, maka meski berada di tempat sejauh seribu tahun cahaya, dan meski pada malam yang biasanya cerah di sebuah tempat yang jauhnya tidak dapat Anda saksikan, ia juga akan terang secara tiba-tiba seperti matahari, kemudian melepaskan energi yang maha besar, dan menyinari bumi dengan pancarannya.
Meskipun lapisan atmosfer dapat melindungi kita terhindar dari serangansinar Gamma dan sinar -X, namun pancaran-pancaran berenergi tinggi inidapat membuat lapisan atmosfer menjadi panas dan menghasilkannitrogenoksida, yang dapat secara serius merusak ozonosfer (lapisanozon).
Yang lebih parah adalah ini dapat secara langsung mengacaukan prosesfotosintesis plankton di samudera (mereka dapat menyuplai oksigen bagiatmosfer), merusak ekologi sekaligus juga menghancurkan rantai makanan.
Jarak sinar gamma yang ditemukan saat ini sangat jauh dari kita, meskipengetahuan yang diketahui ilmuwan atas hal ini sangat terbatas, namundapat dibayangkan akibat yang mengerikan seandainya secara tiba-tiba iamenyinari bumi kita.

0 komentar:

Posting Komentar